Cespleng Membaca Pikiran Orang seperti Membaca Buku

Standard

Membaca pikiran dalam benak kita seperti hanya ada dalam dongeng yang dilakukan oleh para penyihir-penyihir. Berbicara mengenai pikiran Cuma diri kita sendiri yang tahu apa yang kita pikirkan. Orang lain hanya dapat menebak pikiran kita. Untuk dapat menebak fikiran maka kita harus banyak membaca referensi yang berkaitan bagaimana cara kerja otak agar tebekan kita benar.

Seperti yang saya sebutkan tadi bahwa orang tidak dapat membaca fikiran kita dengan akurat, tetapi kita dapat menebak apa yang difikirkan oleh orang tersebut. Makanya buku ini hadir untuk memberi kita gambaran apa yang difikirkan lawan bicara kita.

Dalam membaca bahasa tubuh ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain ekspresi wajah, cara berjalan dan jabat tangan. Ekspresi wajah merupakan hal yang penting utnuk diketahui karena kita dapat membaca orang dari raut wajahnya. Ekspresi seorang perunding agresif mengaggap bahwa negosiasi merupakan arena pertempuran hidup dan mati. Orang seperti ini akan melihat anda dengan mata yang terbuka lebar, bibir tertutup rapat, ujung alisnya turun, dan terkadang ia juga berbicara melalui giginya dengan gerak bibir yang sedikit. Contoh yang lain adalah saat seseorang yang mendekati meja negosiasi dengan berhati-hati, dan dengan tampang seperti anak kecil yang tatapan matanya setengah tertutup atau kelopak matanya turun, senyum simpul, dan lengkung alis mata yang tenang tanpa kerut di kening. Akan tetapi, irang seperti ini kemungkinan adalah seseorang yang cakapdan kompetitif yang percaya bahwa kerja sama merupakan proses yang dinamis.

Jane Templeton, seorang psikologi dalam artikel ‘How Salesmen Can Find Out What’s Really on a Customer’s Mind’

Jika mata seorang pembeli terlihat putus asa dan berpaling, berarti anda diminta untuk diam. Sebaliknya jika mulut tenang, tidak memperlhatkan senyuman dingin dan dagunya agak maju, maka kemungkinan orang tersebut sedang memikirkan presentasi anda. Jika mata anda dan matanya bertemu untuk beberapa detik, kemudian senyum setidaknya sampai batas hidung, ia sedang menimbang proposal anda. Lalu, jika kepalanya berubah arah sampai setara dengan kepala anda, tersenyum tenang, dan terlihat antusias, sebuah kesepakatan sebenarnya telah tercapai

Beberapa individu, karena pemalu, cenderung menghindari kontak mata atau menguranginya seminimal mungkin. Orang-orang seperti ini kemungkinan adalah orang yang paling jujur, tulus, dan penuh dedikasi di antara orang-orang yang pernah ada. ‘Menatap seseorang’ atau mungkin sebuah kerlingan menjelaskan ekspresi wajah dengan kontak mata yang mengindikasikan ketertarikan.

Hal yang perlu diperhatikan selain ekspresi wajah adalah cara berjalan. Orang dewasa yang berjalan cepat dan mengayunkan tangannya dengan bebas cenderung merupakan orang yang berorientasi pada tujuan dan dengan sigap akan mengejar cita-cita mereka. Orang yang kebiasaannya berjalan dengan kedua tangannya disaku, bahkan saat cuaca panas sekalipun, cenderung merupakan orang yang kritis dan suka kerahasiaan serta suka menjatuhkan orang lain.

Saat seseorang merasa kesal, ia akan meremas tangannya didalam saku, terkadang menatap ke atas atau melihat ke arah yang mereka tuju. Orang yang berjalan dengan tangan dipinggang lebih menyerupai pelari cepat disbanding pelari jarak jauh. Ia akan menempuh jarak terpendek dalam waktu secepat mungkin untuk meraih tujuannya. Orang yang menghadapi sebuah masalah akan sering mengambil sikap memusatkan pikiran yang diisyaratkan dalam cara berjalannya, seperti : kepala tertunduk, tangan terlipat dibelakang. Langkah mereka sangat lambat dan mereka dapat berhenti sejenak untuk menendang kerikil atau bahkan membungkuk untuk membalik secarik kertas dan meninggalkannya di tanah.

Puas terhadap diri sendiri, termasuk tipe orang yang agak angkuh dan cara berjalannya seperti Bennito Mussolini yang begitu terkenal. Cara berjalannya : dagu agak naik, lengan terayun, kaki agak kaku, langkah begitu tenang dan berhati-hati, seolah-olah sudah direncanakan untuk mempengaruhi. “Menentukan langkah” adalah sebuah aktivitas bagi para pemimpin yang mengharapkan para bahwahannya tetap berada di belakang mereka dan membentuk formasi seperti anak bebek yang mengekor induknya.

Hal yang perlu diperhatikan terakhir adalah jabatan tangan. Wanita, saat menyatakan kesungguhan harinya kepada wanita lain, terutama dalam keadaan krisis, tidak berjabat tangan. Mereka memegang lembut tangan rang lain dengan ekspresi aygn sesuai dalam mengungkapkan empati terdalam mereka. Sering kali muncul sebuah rangkulan yang mendukung sikap mereka. Sangat jarang wanita memakai sikap seperti ini bila berhadapan dengan pria. Bentuk komunikasi ini sepertinya khusus bagi sesama wanita.

Setelah kita mengetahui apa-apa saja yang perlu diperhatikan dalam membaca bahasa tubuh, kita akan mulai untuk membaca karakteristik atau sikap dari orang lain.

  1. Kita mulai dari karakteristik atau sifat keterbukaan. Bahasa tubuh dari kelompok sikap keterbukaan pertama, tangan terbuka yang menandakan ketulusan hati dan keterbukaan. Kedua jas yang tidak terkancing, ketika dalam perundingan seseorang membuka kancing jasnya berarti dia telah menerima dengan terbuka negosiasi tersebut.
  2. Sikap mempertahankan diri, sikap ini dapat dikenali dari beberapa cirri antara lain :

–            Kedua tangan bersilangan di dada

Anak akan menyilangkan tangan mereka ketika menentang perintah-perintah orang tua, dan orang-orang yang lebih tua akan melakukan hal yang sama ketika mereka mempertahankan haknya untuk didengarkan

–            Duduk dengan posisi kaki di atas pegangan kursi

Orang yang melakukan hal ini walaupun dengan tersenyum tetapi orang dengan perilaku ini biasanya bersikap tidak kooperatif, tidak memiliki perhatian, memusuhi perasaan atau kebutuhan orang lain.

Ketika perilaku ini ditunjukkan di dalam kantornya ia akan memberitahukan secara nonverbal dominasinya atau hak-hak teritorialnya. Kebanyakan bos akan mengambil posisi ini untuk menunjukkan kepada bawahannya bahwa dia superior.

–            Duduk dengan menjadikan punggung kursi sebagai tameng

–            Menyilangkan kaki

Seseorang yang menyilangkan kaki kelihatannya menjadi satu-satunya orang yang akan memberikan perlawanan pada anda dan membutuhkan perhatian yang besar. Ketika seorang wanita menyilangkan dan menggerakkan kakinya serta membuat tendangan kecil, ia mungkin merasa bosan pada situasi tertentu.

  1. Sikap kecurigaan dan kerahasiaan ditunjukkan dengan cirri-ciri :

–            Pandangan sekilas dengan posisi menyamping

–            Kaki dan/atau seluruh tubuh diarahkan ke pintu keluar

Anda akan menemukan bahwa seseorang telah menggeeser posisi tubuh dan duduknya, sehingga kaki-kakinya mengarah ke pintu keluar. Bahasa tubuh ini adalah memberikan isyarat yang jelas bahwa orang tersebut berharap pertemuan, percakapan, atau apa pun yang sedang berlangsung segera berakhir.

–            Menyentuh atau sedikit menggosok hidup

Birdwhistell dan ahli-ahli yang lain telah menyatakan bahwa menyentuh hidung di kalangan orang Amerika merupakan sebuah tanda penolakan seperti ketika mengataka “Tidak!” penemuan kami bahwa sentuhan atau gosokan pada hidung merupakan tanda keraguan dan dalam banyak kasus keraguan itu mengekspresikan hal yang tidak sama dengan apa yang ditemukan Bordwhistell, yaitu sebuah kata : “Tidak!”

  1. Sikap kesiapan ditunjukkan dengan cirri-ciri :

–            Berkacak pinggang

Berkacak pinggang merupakan bahasa tubuh yang pertama kali bisa kita identifikasi dengan jelas. Sebab, kita akan selalu/sering melihatnya ketika ada seseorang sedang bersiap untuk suatu hal.

Dalam pertemuan bisnis, seseorang yang berdiri dengan kedua tangan berkacak pinggang dan kedua kaki berjauhan kemungkinan merasa tertarik untuk menyuruh para peserta acara tersebut agar mengikuti arahan yang diberikannya.

Seseorang yang berprestasi tinggi selalu bersikap demikian, secara nonverbal ia sedang menceritakan dedikasinya terhadap sebuah tujuan.

–            Duduk ditepi kursi

Seseorang akan bergeser ke tepi kursi ketika bersiap untuk membuat kompromi, kerja sama, pembelian, penerimaan, atau persetujuan – atau mengakhiri, menolak, atau bahkan pergi.

–            Kedua lengan terbentang, sambil mencengkeram tepi meja

Kedua lengan terbentang dan mencengkeram tepi meja merupakan posisi yang kuat untuk menunjukkan kesiapan.

  1. Kerja sama ditunjukkan dengan cirri-ciri :

–            Duduk di tepi kursi

Duduk di tepi kursi merupakan bahasa tubuh yang mengisyaratkan kerja sama jika terdapat kesesuaian dengan kelompok bahasa tubuh yang menyampaikan minat terhadap apa yang anda katakan.

–            Meletakkan tangan di wajah

–            Jas yang tidak terkancing

Isyarat tubuh jas tidak terkancing bermakna bukan hanya untuk menyampaikan bahwa seseorang terbuka kepada anda dan ide-ide anda, tetapi juga berkonsentrasi terhadap apa yang anda katakan.

–            Kepala dimiringkan

Bahasa tubuh ini bersifat kooperatif dengan maksud bahwa seseorang merasa tertarik terhadap apa yang anda katakan. Ia tidak mengabaikan anda.

  1. Frustasi ditunjukkan dengan cirri-ciri :

–            Napas pendek

Orang yang sangat mara mengambil napas pendek dan menghembuskan udara melalui lubang hidungnya

–            Berdecak

Marcello Mastroianni menggunakan decak sebagai bahasa tubuh yang mencerminkan kemuakan di dalam filmnya yang berjudul Divorce Italian Style ketika berkonfrontasi dengan istrinya

Suara berdecak biasanya keluar, entah sengaja atau tidak sengaja, untuk menyampaikan teguran atau menunjukkan rasa muak.

–            Menggenggam tangan dengan erat

Seseorang yang menggenggam tangan dengan erat sebenarnya merasa tegang dan sangat sulit untuk diajak berhubungan. Mereka harus dibuat santai. Sebuah teknik yang kita miliki dan terkadang efektif digunakan adalah mencondongkan tubuh ke aras mereka ketika sedang berbicara.

–            Mengacungkan jari telunjuk

–            Menendang tanah atau sebuah objek khayalan

  1. Rasa percaya diri ditunjukkan dengan cirri-ciri :

–            Steepling (merepatkan jari dan membentuk seperti kubah gereja)

Sikap ini menunjukkan dia yakin terhadap apa yang dia katakana.

–            Tangan disatukan dibelakang punggung, dagu diangkat ke atas (berkuasa)

–            Kaki diatas meja

Orang yang meletakkan kakinya di atas benda mengisyaratkan adanya dominasi atau kepemilikan-hak-hak territorial ala “Morris”

–            Meninggikan diri sendiri

Setiap kali anda ingin menunjukkan dominasi atau superioritas anda terhadap orang lain, yang harus anda lakukan hanyalah secara fisik meninggikan diri saat anda duduk berdua atau membiarkannya duduk selagi anda berdiri

–            Para perokok cerutu

Perokok cerutu mengekspresikan kepercayaan diri mereka saat memegang cerutu dan menghembuskan asap selama masa-masa stress.

–            Menyandarkan punggung dengan kedua tangan menyanggan bagian belakang kepala

Orang yang menyandarkan punggung adalah orang yang memimpin dan ia sangat yakin terhadap apa yang dikatakannya.

  1. Rasa gugup ditunjukkan dengan cirri-ciri :

–            Berdehem

Seseorang yang sering menjernihkan kerongkongannya dan mengalami perubahan nada serta suara, sebenarnya mereka sedang merasa tidak yakin dan takut

–            Bunyi “Vhew”

Orang-orang biasanya mempergunakan bunyi ekspresif ini ketika mereka ingin menyampaikan bahwa beberapa tugas atau rintangan telah berhasil ditangani

–            Bersiul

Bersiul menunjukkan berbagai bentuk perasaaan. Sebuah siulan yang menarik adalah yang dilakukan oleh seseorang sedang merasa takut atau gelisah dan mencoba untuk membangun keberaniannya atau rasa percaya dirinya.

–            Merasa gelisah saat duduk dikursi

Alasan gelisah saat duduk antara lain: 1) mereka merasa lelah; 2) apa yang dikatakan tidak mampu menstimulasi mereka untuk mendengar secara intens; 3) mereka telah mengatur tubuhnya untuk mulai merespons dalam waktu yang spesifik – katakanlah, saat makan siang – dan tubuh mengatakan bahwa ini saatnya istirahat; 4) kursinya tidak cukup nyaman dan pantat mereka mengeluh karenanya; 5) mereka merasa tertarik dengan hal-hal lain.

–            Menutup mulut menggunakan tangan saat berbicara

–            Gerakan menaikkan celana ketika akan duduk

  1. Pengendalian diri ditunjukkan dengan cirri-ciri :

–            Pergelangan kaki terkunci dan tangan mencengkeram

Ketika mereka merasa tidak nyaman, tidak tenang, atau tidak puas dengan apa yang sedang terjadi, mereka mengunci pergelangan kakinya dengan cara-cara aneh.

–            Memegang lengan atau mencengkeram pergelangan tangan

  1. Kebosanan ditunjukkan dengan cirri-ciri :

–            Mengetuk-ngetuk meja dan kaki

–            Bertopang dagu

Bertopang dagu dan sorot mata yang menurun juga mengisyaratkan kebosanan.

–            Mencorat-coret

Saat seseorang melakukan aktivitas ini menunjukkan bahwa ketertarikkanya berkurang.

–            Tatapan kosong

  1. Penerimaan ditunjukkan dengan cirri-ciri :

–            Tangan di dada

Orang meletakkan tangannya didada untuk menunjukkan kesetiaan, kejujuran, dan ketaatan. Saat seorang wanita meletakkan satu atau kedua tangannya di dada mereka, maka tindakan ini biasanya merupakan sebuah sikap proteksi dan mengindikasikan adanya kejutan yang tiba-tiba.

–            Tindakan menyentuh

Seseorang yang hanya menjangkau dan menyentuh atau menggapai bahu atau lengan orang lain, maka sebenarnya ia ingin menginterupsi atau menekankan sebuah maksud.

–            Bergerak mendekat pada orang lain

  1. Harapan ditunjukkan dengan cirri-ciri :

–            Menggosok telapak tangan

–            Menyilangkan jari

Bahasa Tubuh menyilangkan jari tangan telah terlihat dalam banyak keadaan tegang saat seorang individu membuat sebuah permintaan atau penawaran dan dengan cepat menyilangkan jarinya, sehingga menandakan bahwa ia berharap keinginannya dapat dikabulkan.

Diatas telah dijelaskan isi buku secara komperhensif, keseluruhan buku ini cukup bagus namun ada beberapa kekurangan yang saya dapatkan. Buku ini sepertinya menipu para pembeli yang melihat judul dari buku ini. Mereka akan kecewa ketika mengetahui bahwa ternyata dalam buku ini hanya memberikan cirri-ciri sikap yang ditunjukkan dari bahasa tubuh. Walaupun ini adalah teknik pemasaran, tetapi hal ini sangat mengecewakan. Walaupun semua orang tahu tidak ada orang yang dapat membaca fikiran seseorang dengan tepat, tetapi minimal kita diberikan tips-tips bagaimana menebak apa dalam fikirannya.

Image

About basribashl

Seorang yang mencoba untuk lebih memahami dunia. Seorang Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Angkatan 2011. Seorang yang ingin bertahan dalam idealisme Seorang yang ingin belajar lebih banyak Seorang yang ingin berbagi lebih banyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s