Cespleng Membaca Kepribadian Orang

Standard

Buku ini memberikan kita bagaimana gambaran kepribadian orang dari berbagai sudut pandang. Gambaran yang pertama yang disajikan dalam buku ini adalah mengenal bagaimana watak kita sendiri. Karena ketika kita belum tahu watak kita maka kita akan susah yang mendeskripsikan watak orang lain. Watak kita sendiri dipengaruhi oleh dua factor yaitu warisan dari orang tua dan pengaruh lingkungan. Dua factor ini jelas sangat mempengaruhi tergantung seberapa intens kita berinteraksi dengan dua factor diatas. Setelah kita mengenal dengan baik diri kita sendiri, kita dapat melangkah ketahap selanjutnya yaitu mulai meraba-raba atau memperkirakan watak orang lain itu bagaimana.

Pertama buku ini menjelaskan bagaimana kita dapat menilai watak seseorang berdasarkan cara dia berpakaian. Ada empat penggolangan yang dikemukakan :

–          Anggun = orang ini dapat mengkombinasikan pakaiannya.

–          Rapi = orang ini sering memakai jenis pakaian konvensional atau sering mengenakan pakaian yang keren.

–          Sembrono = coraknya tidak harmonis tapi cukup bersih.

–          Slebor = tidak harmonis dan kotor

Kepribadian seseorang pun dapat kita lihat berdasarkan gaya pakaian yang ia pakai, sebut saja gaya tradisional. Gaya tradisional itu sendiri adalah gaya dimana seseorang memakai pakaian seragam, entah itu petani, pegawai dan lain-lain. Semua cara berpakaian ini memberikan nilai pribadi yang lebih tinggi kepada yang memakainya, suatu citra tertentu yang didambakan para pemakainya itu. Gaya yang lain adalah gaya asli, orang yang ketika berpakaia mempunyai gaya asli adalah orang yang bersifat kreatif dan produktif serta mempunyai sense of art yang tinggi. Orang ini cenderung memiliki semangat yang berkobar-kobar, mempunyai banyak ide kreatif, dan suka berpetualang.

Selain dari cara berpakaian, kita dapat mengenali watak dan kepribadian seseorang berdasarkan perabot rumah tangga. Sebut saja seseorang yang memiliki kepribadian yang tertutup akan mendesain tata ruangan dalam rumahnya menjadi berliku-liku dan membentuk labirin. Ketika rumah seseorang masih mempertahankan gaya tradisional, dia ingin menunjukkan bahwa dia masih mempunyai darah keturanan bangsawan. Ketika seseorang mempunyai pandangan modern, dia akan mendesain rumahnya menjadi rumah yang bergaya kontemporer (masa kini). Seseorang yang menginginkan ketenangan agar mendesain rumahnya dengan ruangan yang luas dan lega. Selain dari bentuk ruangan kita dapat menyimpulkan atau memperkirakan watak seseorang berdasarkan desain interior, barang-barang diruangan tersebut dan lain-lain.

Beralih ke bab selanjutkan buku ini menyajikan kita bagaimana kita dapat menyimpulkan karakter orang ke dalam beberapa karakter berdasarkan pengamatan kita, karakter-karakter tersebut adalah kepribadian yang luwes dan supel, kepribadian yang penuh ambisi, kepribadian yang berprestasi, pribadi yang sensitive, kepribadian yang mantap dan berkeyakinan, kepribadian yang ulet dan tekun, kepribadian yang sabar dan lapang dada, kepribadian yang sempurna, kepribadian yang antisipatif, dan kepribadian yang berhati-hati.

Karakter kepribadian tersebut dibahas satu per satu dalam setiap bab, pembahasan mengenai kepribadian tersebut ciri-ciri dari karakter tersebut, perkembangan psikologi dari karakter tersebut dan kiat-kiat  solutif untuk mengatasi kelemahan-kelemahan dan memaksimalkan kelebihan dari karakter-karakter tersebut.

Saya tidak akan membahas semua karakter tersebut, karena alangkah lebih baik, anda membaca sendiri bukunya. Dari keseluruhan yang disajikan oleh penulis terdapat beberapa kelemahan, seperti karakteristik karakter yang dijelaskan bersifat umum sehingga pembaca akan kesulitan membaca karakter orang dengan benar, alternative dan solusi yang diberikan hanya mewadahi orang yang memiliki karakter tersebut tidak mewadahi orang yang ingin menaklukan karakter tersebut. Istilah menaklukkan saya pakai dengan asumsi ketika kita membaca buku ini kita akan mudah beradaptasi dengan berbagai macam orang yang masing-masing berbeda karakternya.

Demikian deskripsi singkat dari buku ini, seseorang akan sulit mengetahui karakter seseorang dengan detail dan tepat, karena karakter seseorang hanya orang itu dan penciptanya yang tahu, bahkan sekarang banyak orang yang tidak dapat mengenali karakter dirinya yang sesungguhnya.

Image

About basribashl

Seorang yang mencoba untuk lebih memahami dunia. Seorang Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Angkatan 2011. Seorang yang ingin bertahan dalam idealisme Seorang yang ingin belajar lebih banyak Seorang yang ingin berbagi lebih banyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s