Sejarah Indonesia Modern

Standard

Ketika seseorang membaca judul dari buku ini, maka dia akan bertanya apa maksud dari Sejarah Indonesia “Modern”. Apa yang membedakan buku ini dengan buku sejarah Indonesia biasa. Setelah membaca kata pengantar, kita dapat menemukan jawaban bahwa kata modern dipakai karena buku ini membahas Indonesia di mulai dari tahun 1300 yang referensi-referensinya menggunakan bahasa Indonesia modern (bahasa jawa, melayu, dll. Daripada bahasa jawa kuno dan melayu kuno) dan bahasa-bahasa eropa.

Buku ini mulai menceritakan Indonesia sejak masuknya Islam sampai masa Orde Baru, mengingat bahwa buku ini terjemahan dari bahasa inggris yang diterbitkan tahun 1981. Buku ini mengungkapkan sedikit banyak tentang informasi-informasi antara masuknya islam sampai orde baru yang luput dari buku-buku sejarah pada umumnya. Buku ini mengulas lebih dalam sejarah indonesia. Banyak Informasi-informasi baru yang dapat kita temukan dalam buku ini, seperti tentang adanya buku karangan Tome Pires yang pada waktu itu menyebar di Eropa yang menceritakan tentang kayanya alam indonesia sehingga membuat negara-negara Eropa pada masa itu yang sedang gencar-gencarnya mencari sumber daya untuk membiayai perang-perang yang mereka lakukan.

Buku ini juga mengupas sedikit informasi ternyata, Islam telah ada di Indonesia jauh sebelum munculnya Kerajaan Samudera Pasai (sebagaian sejarawan mengganggap ini awal mulanya islam menjadi agama). Bahkan dalam buku ini mengatakan bahwa Islam pada awalnya tidak berada di daerah Sumatera tapi didaerah Jawa, walaupun sumber-sumber informasi ini masih diragukan karena hanya berpatokan kepada batu nisan yang bercorak islam.

Walaupun buku ini secara keseluruhan membahas sejarah indonesia sejak masuknya Islam sampai Orde Baru, tapi penulis juga menyisipkan sejarah majapahit yang notabennya berada pada masa sebelum islam (walaupun hanya sedikit informasi-informasi yang ditampilkan).

Buku ini adalah buku yang cocok dipelajari mahasiswa karena buku ini memberikan informasi yang mendalam tentang sejarah indonesia modern lebih mendalam dibandingkan dengan referensi-referensi sejarah indonesia yang dikhususkan untuk anak sekolah menengah.

Ada beberapa kekurangan dalam buku ini, pertama tidak runutnya (berurut) sejarah yang disajikan sehingga membuat para pembaca yang kurang menyukai sejarah (bermasalah dengan waktu terjadinya sejarah) akan kebingungan untuk membaca buku ini. Kedua, kurangnya informasi-informasi dalam bentuk gambar sehingga para pembaca akan cepat bosan untuk membaca buku ini. Ketiga,  tidak disajikannya informasi otentik tentang isi-isi dari perjanjian yang pernah terjadi dalam kurun waktu itu, padahal dalam buku ini membahas adanya perjanjian-perjanjian, baik pada zaman kerajaan, zaman kolonial dan zaman kemerdekaan. Keempat, ada beberapa informasi yang menurut saya penting yang tidak dikemukakan dalam buku ini, seperti asal mula kenapa bendera indonesia berwarna merah putih, mengapa lambang konstitusi negara kita pancasila, kapan upacara pengibaran bendera pertama dilakukan, dll. Sehingga bagi yang sangat fanatik dengan sejarah akan mengalami kekecewaan sedikit karena kurangnya penyampaian informasi-informasi yang bisa dibilang sangat fenomenal. Keempat, informasi-informasi yang disajikan dalam buku ini sebagian besar berpusat di Jawa, walaupun penulis telah memberikan asalan yang disampaikan dibagian pengantar. Menurut saya, alasan itu kurang dapat diterima oleh para penstudi-studi sejarah karena Indonesia bukan hanya jawa saja, yang dijajah oleh kolonial bukan hanya jawa saja, yang merdekapun bukan hanya jawa saja.

Sejarah Indonesia Modern

About basribashl

Seorang yang mencoba untuk lebih memahami dunia. Seorang Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Angkatan 2011. Seorang yang ingin bertahan dalam idealisme Seorang yang ingin belajar lebih banyak Seorang yang ingin berbagi lebih banyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s