Globalisasi

Standard

Globalisasi merupakan kata yang sudah tidak asing bagi telinga sebagian besar orang. Bahkan banyak orang yang berpendapat bahwa globalisasi merupakan proses alamiah yang tidak bisa kita hindari. Secara terminologis globalisasi adalah proses mendunia, dari kata globe yang arti sederhananya adalah dunia, ketika di tambah suku kata –sasi maka mempunyai makna proses. Walaupun globalisasi tidak mempunyai arti yang baku dan mempunyai berbagai penafsiran. Menurut Achmad Suparman  globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.

Disisi lain ada yang melihat globalisasi sebagai sebuah proyek yang diusung oleh negara-negara adikuasa, sehingga bisa saja orang memiliki pandangan negatif atau curiga terhadapnya. Pendapat lain mengatakan bahwa globalisasi adalah gagasan untuk melegitimasi bentuk baru dari penjajahan dan penindasan (neo-kolonialisme / neo-imperialisme) negara-negara maju terhadap dunia ketiga (negara-negara berkembang).

Kata globalisasi sendiri pertama kali digunakan oleh Theodore Levitt tahun 1985 yang menunjuk pada politik-ekonomi khususnya politik perdagangan bebas dan transaksi keuangan. Menurut sejarahnya, akar munculnya globaliasi adalah revolusi elektronik dan diintegrasi negara-negara komunis.

Ada banyak pendapat mengenai globalisasi, ada yang pro dan ada juga yang kontra. Itu semua dikembalikan kepada masing-masing individu. Scholte melihat bahwa beragam pandangan ini karena ada beberapa definisi yang dimaksudkan orang dengan globalisasi :

–       Internasionalisasi, globalisasi diartikan sebagai meningkatnya hubungan internasional. Dalam hal ini masing-masing negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing, namun menjadi semakin tergantung satu sama lain.

–       Liberalisasi, globalisasi diartikan dengan semakin diturunkan batas antar negara, misalnya hambatan tarif ekspor impor, lalu lintas devisa, maupun migrasi.

–       Universalisasi, globalisasi juga digambarkan sebagai semakin tersebarnya hal material maupun immaterial ke seluruh dunia. Pengalaman suatu lokalitas menjadi pengalaman seluruh dunia.

–       Westernisasi : westernisasi adalah salah satu bentuk dari universalisasi dengan semakin menyebarnya pikiran dan budaya dari barat sehingga mengglobal.

–       Hubungan transplanetari dan suprateritorialitas, arti kelima ini berbeda dengan empat definisi pertama yang masing-masing negara masih mempertahankan status ontologinya. Pada pengertian ini, dunia global memiliki status ontologi sendiri, bukan sekedar gabungan negara-negara (dengan kata lain adanya pemerintahan global)

Dari berbagai definisi diatas ada orang yang sependapat maupun yang tidak. Suatu hal yang merupakan buatan manusia (Globalisasi) memiliki kelebihan dan kekurangan. Ketika kita menyebutkan kelebihan dari globalisasi, dari kelebihan tersebut terdapat kekurangan. Seperti contah, meningkatnya teknologi komunikasi sehingga kita dapat berkomunikasi dengan orang yang sangat jauh dengan kita, mudahnya kita mendapatkan informasi. Dari kelebihan ini terdapat cacat, pertama memang dengan meningkatnya teknologi komunikasi kita dapat berhubungan dengan orang lain yang sangat jauh, tapi dengan teknologi komunikasi yang canggih ini kita telah mengesampingkan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan kontak secara fisik bukan hanya melewati sebuah dunia yang semu. Kedua walaupun kita dengan mudahnya mendapatkan informasi sehingga informasi-informasi yang menurut budaya timur merupakan sesuatu yang sangat tabu dapat dengan mudah kita akses tanpa proteksi, dengan kebiasaan yang buruk ini otak kita akan merespon hal-hal tabu tersebut sehingga merusak otak kita yang berakibat terhadap sisi psikologis kita.

Pada era milenium ini dunia maya telah menjadi sebuah wadah interaksi sosial bagi manusia, banyaknya situs-situs jejaring sosial yang memudahkan kita untuk berinteraksi yang apabila tidak diproteksi dengan jiwa yang kuat maka interaksi sosial yang jalani terabaikan oleh interaksi-interaksi semu, banyak kritik tentang situs-situs jejaring sosial salah satu propagandanya adalah “Social Network Social Distorsion”.

Globalisasi bukan hanya berdampak kepada sosial-budaya tetapi berdampak pula terhadap bidang yang lain, sebagai contoh ekonomi. Seperti yang kita ketahui bahwa dengan globalisasi maka transaksi-transaksi ekonomi dapat melintasi pabean sebuah negara, sehingga produk Amerika Serikat dapat dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Adanya penanaman modal asing dan lain-lain. Ketika kita berbicara mengenai barang-barang impor, maka dalam fikiran kita terbentuk opini bahwa produk impor adalah produk yang berkualitas dibandingkan dengan produksi dalam negeri. Hal ini membuat produksi dalam negeri kalah bersaing dan akhirnya mati. Dalam hal penanaman modal asing (investasi), memang terdapat kelebihan yaitu industri dalam negeri dapat bersaing dengan pasar global, tetapi seperti yang kita ketahui bahwa investasi yang digalakkan oleh pihak asing sebagian besar merambah sektor pertambangan yang membuat alam kita kesakitan karena eksplotasi-eksploitasi tanpa pembaharuan. Sehingga kadang kala alam kita murka kepada manusia dan menyebabkan bencana-bencana oleh manusia. Dari contoh diatas globalisasi merupakan bagian dari Liberalisme dan kawan-kawan ataupun sebaliknya.

Ada banyak kelebihan dan kekurangan globalisasi dari berbagai sisi kehidupan. Ada baiknya ketika kita memanfaatkan globalisasi tersebut secara arif dan bijaksana. Hal yang dapat membuat kita memfilter globalisasi tersebut adalah Agama yang kuat. Sehingga dampak-dampak buruk dari globalisasi dapat kita hindari.

About basribashl

Seorang yang mencoba untuk lebih memahami dunia. Seorang Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Angkatan 2011. Seorang yang ingin bertahan dalam idealisme Seorang yang ingin belajar lebih banyak Seorang yang ingin berbagi lebih banyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s